HIPPINDO

LOGO HIPPINDO

Hippindo Gandeng Kemenkop UKM Gelar Parade Motor Listrik, Ini Tujuannya

JAKARTA – Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) menggandeng Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) melakukan parade sepeda motor listrik Indonesia di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, pada hari ini.

Parade ini merupakan rangkaian dari kegiatan Inabuyer EV EXPO 2023 yang akan diselenggarakan di Smesco, Jakarta, pada 28-30 November mendatang.

Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah mengaku, sebagai asosiasi retail, mereka memiliki karyawan yang menggunakan motor setiap hari.

Menurut dia, dengan adanya parade ini, pihaknya ingin mengurangi polusi udara sekaligus meningkatkan kesejahteraan karyawan.

“Dengan beralih ke motor listrik, karyawan dapat menghemat hingga Rp400.000-Rp500.000 setiap bulannya,” ujar Budihardjo dalam sambutannya di Gedung Kemenkop UKM, Jakarta, Minggu, 19 November.

Dia berharap, agar Kemenkop UKM dapat bekerja sama dengan bengkel dan ekosistemnya untuk mengoptimalkan manfaat ini, khususnya untuk mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

“Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan, kesejahteraan karyawan, dan pertumbuhan ekonomi UKM di Indonesia,” kata Budihardjo.

Sementara itu, Deputi Bidang Perkoperasian Kemenkop UKM Ahmad Zabadi mengatakan, parade ini menjadi sarana untuk melibatkan bengkel konversi, terutama di wilayah Jabodetabek guna menunjukkan potensi dan kecanggihan hasil konversi sepeda motor listrik.

Sehingga, dapat merangsang minat masyarakat untuk beralih ke kendaraan ramah lingkungan dengan menghadirkan lebih banyak pilihan sepeda motor listrik yang inovatif dan terjangkau.

“Langkah ini sejalan dengan visi pemerintah dalam mengakselerasi adopsi kendaraan berbasis baterai dan mewujudkan pembangunan ekosistem ekonomi hijau yang berkelanjutan,” tuturnya.

Menurutnya, parade sepeda motor listrik Indonesia bisa menciptakan gambaran optimis terhadap masa depan mobilitas di Tanah Air, dan kesadaran akan keberlanjutan tidak hanya menjadi wacana saja ke depannya.

Dampak positif yang dihasilkan pun akan terwujud dalam pemberdayaan industri lokal, serta masyarakat yang dapat memacu inovasi dalam sektor industri dan menciptakan peluang baru bagi perusahaan.

“Sehingga bisa meningkatkan ekspor bagi motor listrik dan ekosistem pendukungnya,” jelasnya.

Sekadar informasi, parade ini turut didukung sejumlah pihak, mulai dari Komunitas Sepeda Motor Listrik Indonesia (Komunitas Kosmik), Komunitas Driver Gojek, dan Elders.

Dengan bergabungnya komunitas-komunitas ini, parade diharapkan menjadi lebih representatif dari berbagai lapisan masyarakat. Adapun sejumlah merek lokal yang turut memeriahkan parade ini, seperti Alva, BRT, E-nine, Yadea, Selis, Volta, United, SMEV, dan Smoot.

Source: https://voi.id/ekonomi/330965/hippindo-gandeng-kemenkop-ukm-gelar-parade-motor-listrik-ini-tujuannya

Facebook
Twitter
WhatsApp